09 August 2022

5 Kelebihan Beli Mobil Secara Kredit

Bagi sebagian orang yang memiliki dana besar tentunya akan memilih membeli mobil secara cash atau tunai. Namun, sebagian lagi memilih untuk kredit mobil karena dinilai lebih ringan dan bisa diangsur setiap bulan.

Kelebihan Beli Mobil Secara Kredit


Karena tingginya minat masyarakat terhadap pembiayaan mobil kredit, banyak bank dan leasing yang memanfaatkan peluang ini dengan menawarkan sejumlah keuntungan. Untuk mengetahui kelebihan atau keuntungan membeli mobil dengan sistem kredit, berikut ulasan selengkapnya.

Kelebihan Beli Mobil Secara Kredit

Selisih harga mobil cash dengan kredit memang memiliki perbedaan cukup signifikan akibat adanya bunga yang cukup besar pada pembelian kredit. Namun, hal tersebut tidak menghalangi masyarakat untuk membeli mobil secara kredit. Berikut ini beberapa keuntungan beli mobil secara kredit.

1.     Dana yang Dikeluarkan Tidak Terlalu Besar

Salah satu kelebihan yang ditawarkan dari pembelian mobil secara kredit yaitu debitur tidak perlu mengeluarkan dana yang besar dalam sekali waktu.

Tidak seperti pembelian mobil secara cash, membeli mobil dengan cara kredit hanya membutuhkan biaya untuk uang muka atau DP (down payment) dan angsuran yang dibayarkan setiap bulannya.

Debitur juga bisa membawa pulang mobil yang dipilih setelah proses pengajuan kredit disetujui dan pembayaran uang muka sudah dilakukan.  

2.     Membantu Meningkatkan Skor Kredit

Kelebihan lainnya dari pembelian mobil secara kredit yaitu membantu meningkatkan skor kredit. Setiap kali seseorang memanfaatkan fasilitas kredit, maka kelancaran pelunasan akan diberikan skor dan disimpan dalam sistem Bank Indonesia.

Semakin lancar pelunasan, maka semakin bagus pula skor kredit yang dimiliki. Hal ini tentunya berguna saat akan melakukan pengajuan kredit lainnya seperti KPR atau kredit motor.

Skor kredit ini akan menjadi dasar penilaian bank atau lembaga pembiayaan untuk menyetujui kredit yang diajukan.  

3.     Banyak Tawaran Promo Menarik

Dengan melakukan pembelian mobil secara kredit, debitur akan mendapatkan banyak tawaran mulai dari potongan harga hingga cashback. Debitur bisa mendapatkan potongan angsuran sebesar 30% dengan bunga yang ringan yaitu sebesar 2.5%.

Untuk potongan angsuran ini biasanya akan diterapkan pada masa tenor atau periode cicilan tertentu. Selain itu, debitur juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan cashback hingga Rp1.000.000,00.

4.     Sudah Mendapatkan Asuransi Mobil

Kelebihan lainnya yang ditawarkan dari pembelian mobil dengan sistem kredit yaitu sudah mendapatkan asuransi mobil. Perusahaan pembiayaan (multifinance) biasanya akan memberikan fasilitas bagi debitur berupa paket asuransi yang berlaku selama masa kredit masih berlangsung.

Asuransi ini berguna untuk melindungi mobil dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan, kecelakaan, kehilangan, atau kebakaran. Dengan adanya asuransi mobil, pemilik mobil tidak perlu risau dan khawatir karena akan mendapatkan ganti rugi dari pihak penyedia asuransi.

5.     Bisa Melakukan Take Over Credit

Keuntungan lainnya dari pembelian mobil secara kredit yaitu bisa melakukan take over credit atau pindah tangan secara lebih mudah. Misalnya, debitur baru menjalankan kredit selama 24 bulan dari total masa tenor cicilan selama 36 bulan.


Namun, debitur yang bersangkutan harus pindah ke luar negeri untuk urusan pekerjaan. Nah, debitur tersebut bisa melakukan pindah tangan atau menawarkan kepada orang lain untuk meneruskan masa kredit selama 12 bulan yang tersisa.


Debitur bisa meminta uang pengganti DP dan cicilan yang sudah dibayarkan kepada orang yang bersedia melakukan take over. Meski begitu, debitur wajib melaporkan take over kepada perusahaan pembiayaan yang bersangkutan agar tidak terjadi miskomunikasi di kemudian hari.


Sebagai platform pembiayaan mobil baru di bawah naungan PT Astra Auto Digital, SEVA adalah pilihan terbaik untuk mengajukan kredit. Platform pembiayaan mobil satu ini menyediakan fitur Instant Approval yang bisa digunakan untuk memilih mobil sesuai kemampuan finansial debitur.


Dengan mengetahui kelebihannya, maka tidak mengherankan jika banyak orang memilih untuk membeli mobil secara kredit, bukan? Agar proses cicilan dapat berjalan dengan lancar, pastikan untuk selalu menyiapkan dana yang cukup setiap bulannya. 

No comments:
Write comments