22 November 2020

Pentingnya Mengelola Keuangan dengan Baik

Pentingnya Mengelola Keuangan dengan Baik

Manajemen Keuangan sangat dibutuhkan dalam rangka menilai apakah suatu usaha menghasilkan keuntungan atau justru kerugian. Banyak perusahaan, utamanya bisnis yang baru dimulai mengabaikan pentingnya pengelolaan keuangan tersebut sehingga mereka tidak tahu perkembangan bisnis yang tengah mereka jalankan. Seringkali uang milik pribadi dicampur adukkan dengan uang milik perusahaan.

Sikap yang tidak disiplin dalam mengatur keuangan dapt berdampak buruk pada bisnis hingga menyebabkan kebangkrutan. Untuk itu diperlukan pengelolaan keuangan yang baik agar keberlangsungan usaha tetap terjaga.

 

Manajemen keuangan pada perusahaan

Kondisi keuangan adalah sesuatu yang penting dalam perusahaan karena menyangkut masa depan perusahaan. Saat ini telah banyak aplikasi keuangan yang dapat membantu anda dalam mengelola keuangan perusahaan, banyak diantaranya yang bahkan disediakan secara gratis.

Untuk memahami pentingnya mengelola keuangan dengan baik, sebaiknya kita sedikit mencari tahu tentang manajemen keuangan.

  1. Pengertian manajemen keuangan

Yaitu kegiatan yang dilakukan dalam rangka merencanakan, pendanaan modal kerja, mengalokasikan serta menggunakan dana yang dimiliki, kemudian mengelola asset demi mencapai tujuan perusahaan.

  1. Tujuan manajemen keuangan

Tujuannya adalah untuk menjaga arus keluar masuk kas agar tidak terjadi pembengkakan, memaksimalkan keuangan perusahaan dengan menghapus dan mengganti aktivitas yang tidak menguntungkan, menyeimbangkan anggaran dengan dana yang dipinjam, serta memaksimalkan keuntungan. Meningkatkan efisiensi, mengoptimalkan kekayaan yang dimiliki perusahaan, mengurangi resiko yang berkaitan dengan kegiatan operasional, menjaga kelangsungan perusahaan, serta mengurangi biaya modal.

  1. Fungsi manajemen keuangan

Meliputi perencanaan keuangan (planning), mengalokasikan dana (budgeting), mengevaluasi kondisi keuangan (controlling), pemeriksaan keuangan (auditing), dan pelaporan (reporting).

  1. Prinsip manajemen keuangan

Prinsip tersebut diantaranya akuntabilitas, yang merupakan kewajiban moral dan hukum perusahaan. Konsistensi, dengan tidak mengganti sistem yang sudah ada. Prinsip kelangsungan hidup, transparansi dengan menyediakan aktivitasnya secara terbuka. Standar akuntansi, integritas, dan pengelolaan.

  1. Ruang lingkup manajemen keuangan

Terdiri dari keputusan pendanaan yang berisi kebijakan dalam mencari dana untuk perusahaan. Keputusan investasi, kebijakan untuk menanamkan modal yang dimiliki perusahaan pada aktiva tetap. Keputusan pengelolaan asset, kebijakan dalam rangka mengelola asset guna mencapai tujuan.

Pengelolaan keuangan yang baik akan memberikan beberapa manfaat bagi perusahaan dalam memberikan penilaian kinerja perusahaan, memperlihatkan profesionalisme terhadap pelanggan maupun partner usaha, membantu dalam menentukan perhitungan pajak, serta sebagai dasar dalam pengambilan keputusan yang dilakukan perusahaan. 

 

Tips mengelola keuangan dengan baik

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, berikut adalah beberapa tips yang harus dilakukan dalam rangka manajemen keuangan perusahaan diantaranya:

  •  Memisahkan antara rekening milik pribadi dengan rekening milik perusahaan
  • Mengalokasikan gaji bagi diri sendiri, jika melakukan pinjaman di perusahaan juga harus dicatat sebagai hutang dan dikembalikan
  • Membuat laporan keuangan yang mencakup pengeluaran, pemasukan serta transaksi harian lainnya
  • Membuat proyeksi arus kas sebagai bentuk pencegahan terjadinya kerugian
  • Tidak membiarkan uang perusahaan dibawa oleh karyawan
  • Melakukan pengecekan rutin terhadap stok barang
Memisahkan antara kasir dan akuntansi perusahaan guna menghindari terjadinya manipulasi data

No comments:
Write comments