21 November 2019

Diabetes dan Komplikasi yang Bisa Ditimbulkannya

Orang Indonesia banyak menderita diabetes. Kebiasaan hidup yang tidak sehat membuat penyakit yang satu ini banyak diderita oleh orang Indonesia

Diabetes dan Komplikasi yang Bisa Ditimbulkannya

Penyakit diabetes merupakan penyakit yang berasal dari kadar gula yang berlebih dalam darah kita. Dari kadar gula yang berlebih tersebut, tubuh akan merasakan banyak sekali perubahan hingga akhirnya kesehatan tubuh kita melemah. Tak jarang pula diabetes membawa komplikasi yang membuat langkah Mempercepat penyembuhanluka diabetes jadi semakin sulit. Terutama pada diabetes tipe 1, salah satu tipe diabetes yang bisa mengancam anak muda.

Hiperglikemia
Kadar gula yang tidak normal merupakan penyebab utama seseorang bisa menderita diabetes. Hal ini bisa terjadi karena produksi insulin yang tidak normal serta konsumsi gula yang terlalu berlebihan setiap harinya. Selain itu, komplikasi diabetes juga bisa terjadi seperti hiperglikemia.

Hiperglikemia merupakan komplikasi yang terjadi karena kadar gula yang terlalu tinggi di dalam pembuluh darah. Selain itu, komplikasi ini juga terjadi karena porsi makan yang terlalu banyak sehari-hari. Kebiasaan tersebut akan membuat insulin kewalahan dalam memproses karbohidrat menjadi tenaga dan menyisakan gula yang membuat kadar gula dalam darah jadi terlalu tinggi. 

Kondisi ini perlu segera ditangani agar tubuh bisa tetap mengolah karbohidrat, bukan lemak sebagai sumber energi utama.

Kerusakan saraf
Selain pembuluh darah, di dalam tubuh manusia terdapat pula saraf yang bekerja di hampir seluruh anggota tubuh. Ketika kandungan gula dalam darah terlalu tinggi alias menderita diabetes tipe 1, maka hal tersebut juga akan berdampak pada saraf dalam tubuh kita. Ya, kerusakan saraf merupakan salah satu komplikasi yang perlu diwaspadai oleh para penderita diabetes tipe 1.

Diabetes tipe 1 dapat merusak bagian dinding pembuluh darah atau kapiler yang berguna untuk memberikan nutrisi pada saraf khususnya pada saraf kaki. Saat kerusakan terjadi, yang dirasakan oleh penderita adalah sensasi terbakar dan mati rasa pada area ujung kaki. Selain itu, kerusakan saraf juga bisa terjadi pada area saluran pencernaan. Saat masalah tersebut terjadi, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Itulah 2 komplikasi yang bisa terjadi kepada para penderita diabetes tipe 1. Untuk mengatasi berbagai komplikasi diabetes, siapkan selalu obat-obatan yang dibutuhkan dirumah. Seperti mertigo 6mgtablet goapotik. Semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments