12 July 2019

Ternyata Inilah Perbedaan Migrain dan Sakit Vertigo

Sakit kepala adalah gejala banyak jenis penyakit sehingga sakit kepala sangat sering dirasakan oleh masyarakat yang sedang mengalami penyakit lain. Ada banyak jenis sakit kepala yang ditimbulkan dimana dua diantaranya adalah migraine dan sakit kepala vertigo. Kedua jenis ini sering dikatakan sebagai sakit kepala yang paling menyakitkan karena rasa sakit yang luar biasa disertai dengan rasa kurang nyaman. Namun banyak orang yang juga salah kaprah dengan menganggap keduanya adalah sama sehingga menggunakan obat migrain untuk vertigo dan sebaliknya. Lalu apa perbedaan keduanya? Berikut adalah sedikit uraiannya.

Migrain merupakan sakit kepala yang hanya dirasakan di salah satu bagian kepala saja. Misalnya Anda mengalami migrain dengan rasa sakit di pelipis bagian kanan saja atau kiri saja. Rasa sakit ini bisa dirasakan dengan sangat sehingga mengganggu aktifitas. Namun pada umumnya Anda masih bisa berdiri dan berjalan untuk mengambil minum dan mengkonsumsi obat. Obat yang digunakan untuk mengatasi migrain adalah kombinasi dari parasetamol dan kafein untuk memberikan efek pereda sakit yang lebih cepat.

Lalu apa itu vertigo? Vertigo merupakan gangguan keseimbangan yang disertai rasa sakit atau pusing di kepala. Gejala vertigo akan tampak seperti ketika Anda naik kapal laut yang di hantam ombak. Rasanya sulit untuk berdiri di kaki sendiri dan melihat dunia dengan terbalik-balik sehingga Anda hanya bisa merebahkan diri saja. Saat hal itu terjadi sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk diberikan obat pusing tujuh keliling yang ampuh seperti Betahistine.

Betahistine dapat mengatasi vertigo dengan cara menghilangkan penyebabnya yaitu infeksi atau gangguan pada telinga dalam yang mengatur keseimbangan. Namun untuk mendapatkannya Anda perlu memeriksakan diri ke dokter dan menyimpan salinan resep untuk digunakan menebus Betahistine di kemudian hari.

Saat sakit kepala baik migrain maupun vertigo menyerang, ada baiknya Anda istirahat di rumah saja karena tak baik melakukan aktifitas saat dunia terasa jungkir balik ataupun dengan menahan rasa sakit yang amat di bagian kepala. Konsumsi obat dengan teratur agar cepat pulih seperti sedia kala.

No comments:
Write comments