14 May 2019

Resep Membuat Kue Apam Betil atau Apam Serabi Khas Banjar

Resep Membuat Kue Apam Betil atau Apam Serabi Khas Banjar
Resep Membuat Kue Apam Betil atau Apam Serabi  - Kali ini saya akan berbagi resep membuat kue apam betil. Kue ini merupakan makanan khas asli Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Dinamakan "betil" mungkin karena  kue ini dipadu dengan gula merah, dan dimakan bukan dengan sendok, melainkan dengan tangan, dan menjadi ciri khas penyajian kue ini dengan kue lainnya.

Kue ini sendiri dibuat dengan tepung beras, dan adonan kue dibakar dengan alat tradisional dengan tungku khusus seperti tungku pembuatan kue serabi bandung, sehingga kue ini menimbulkan aroma yang khas yang jarang sekali dijumpai pada masakan kue pada umumnya. Namun sekarang beberapa cetakan(Tuangan) logam sudah banyak dijual dipasar, sehingga memasak menggunakan alat tradisonal sudah banyak ditinggalkan, dan hanya beberapa toko tertentu saja yang masih mempertahankan ke-khasan ini.

Berikut saya akan berbagiResep Membuat Kue Apam Betil atau Apam Serabi berikut :
 

Bahan

  1. 1 kg tepung beras
  2. 1 bungkus permipan
  3. garam
  4. gula merah, dicairkan
  5. Daun pandan

 

Cara membuat

  1. Biangnya, ambil  6 sendok tepung beras, masukan dalam 250 cc air. Siapkan wajan, 250 cc air masukan ke dalam wajan dan didihkan setelah mendidih, masukan tepung beras yang sudah dikasih air tadi, aduk hingga kental, lalu dinginkan. 1 bungkus permipan, masukan kedalam 100 cc air matang, aduk dan biarkan  
  2. Adonan bubur (tepung) tadi, masukan ke dalam wadah, aduk rata, tambahkan tepung beras kering, sedikit demi sedikit tambahkan air, sampai adonan mengental, dan terakhir masukan garam, biarkan kurang lebih 2-3 jam maka adonan akan mengembang.
  3. Siapkan wajan dadar, dan adonan siap dimasak.
  4. gula merah dicaiirkan dan masukan daun pandah

 

Cara penyajian

Kue apam batil disiram dengan gula merah cair.
Sumber : https://resep-masakanharian.blogspot.com/2016/05/resep-kue-apam-batil.html

No comments:
Write comments