24 January 2019

Tanda-tanda Bayi Terlambat Berkembang

Tanda-tanda Bayi Terlambat Berkembang
Pertumbuhan bayi seringkali menjadi indikator utama bahwa anak Anda tumbuh secara normal. Namun, tidak hanya pertumbuhan saja yang perlu diperhatikan mengingat anak-anak juga menjalani proses perkembangan yang beriringan dengan proses pertumbuhan fisiknya. Karena, perkembangan yang dialami bayi Anda sangat menentukan bagaimana sang anak bersikap dan bagaimana kecerdasannya di masa yang akan datang. 

Untuk itu, Anda perlu memperhatikan mulai dari perkembangan bayi 1 bulan, perkembangan bayi 4 bulan sampai perkembangannya saat memasuki usia 1 tahun. Karena, beberapa pertanda berikut ini bisa menjadi indikasi bahwa anak Anda mengalami proses perkembangan yang berlangsung secara lambat.

Sulit memegang benda
Salah satu pertanda bahwa saraf motorik anak Anda bekerja secara normal yakni terlihat ketika anak Anda dapat memegang benda secara mudah. Hal ini tentu bukanlah hal yang dapat dilakukan begitu saja karena sebagai orang tua Anda perlu memberikan rangsangan motorik agar anak Anda bisa memegang benda mulai dari yang terkecil. Namun, apabila sampai memasuki perkembangan bayi 4 bulan anak Anda belum dapat memegang benda, maka bisa jadi perkembangannya terlambat karena perkembangan motoriknya yang terhambat.

Belum lancar berjalan di usia 1,5 tahun
Untuk dapat berjalan, bayi tentu membutuhkan tahap demi tahap sampai dapat berjalan. Mulai dari belajar duduk, belajar berdiri hingga belajar berjalan secara perlahan. Namun, idealnya seorang anak bisa mulai berjalan secara lancar ketika telah memasuki usia 1,5 tahun. Ketika anak Anda telah memasuki usia 1,5 tahun namun belum lancar berjalan, maka bisa jadi perkembangan bayi Anda tergolong terlambat. Untuk itu, berikan stimulus berupa dorongan dan latihlah anak Anda untuk belajar berjalan agar dapat lancar berjalan di usia 1,5 tahun dan perkembangannya pun dapat berlangsung normal.

Itulah dua pertanda yang menjadi indikasi bahwa anak Anda terlambat dalam berkembang. Selalu perhatikan perkembangan anak Anda dan berikan rangsangan agar proses perkembangan tubuhnya dapat berjalan secara normal. Sehingga, anak Anda akan memiliki kecerdasan motorik yang baik saat beranjak besar nantinya.

No comments:
Write comments