09 November 2018

Beragam Cara Untuk Meminimalisir Risiko Saat Berinvestasi di Skema Peer to Peer Lending

Beragam Cara Untuk Meminimalisir Risiko Saat Berinvestasi di Skema Peer to Peer Lending
Selain memperhatikan return yang akan didapat saat memilih skema investasi, salah satu hal lainnya yang perlu diperhatikan oleh seorang investor adalah risiko yang hadir pada investasi tersebut. Risiko selalu hadir pada setiap investasi sehingga para investor haruslah waspada dengan hadirnya risiko. Namun, ada cara untuk meminimalisir risiko yang hadir pada skema investasi seperti pada skema investasi peer to peer lending. 

Skema investasi peer to peer lending merupakan skema investasi terbaik untuk pemula karena menjanjikan imbal hasil yang pasti. Di sisi lain, skema investasi peer to peer lending juga memiliki risiko yang cukup rendah sehingga ramah untuk Anda yang belum mengetahui dunia investasi sebelumnya. Lalu, bagaimana cara meminimalisir risiko yang ada pada skema investasi peer to peer lending? Inilah 2 hal yang bisa Anda lakukan.

Selektif dalam Memilih debitur
Saat Anda melakukan investasi di skema peer to peer lending, Anda akan meminjamkan uang Anda kepada para debitur yang membutuhkan dana. Uang yang Anda pinjamkan tersebut, nantinya akan dikembalikan dengan imbal hasil yang telah dijanjikan sebelumnya. Saat Anda akan meminjamkan dana, sebaiknya selektiflah dalam memilih debitur. Karena, memilih debitur yang tepat akan membantu Anda terhindar dari risiko terburuk skema peer to peer lending yakni gagal bayar. Pilihlah debitur dengan track record baik dan kategori risiko yang rendah sehingga dapat membantu Anda untuk meminimalisir risiko yang ada.

Membuat rencana investasi
Selain selektif dalam memilih debitur, hal lainnya yang perlu Anda lakukan untuk meminimalisir risiko pada skema peer to peer lending adalah membuat rencana investasi. Seringkali beberapa investor tidak membuat perencanaan yang matang sehingga membuat investasi yang dijalankannya tidak memiliki arah. Hal ini perlu Anda perhatikan saat melakukan investasi peer to peer lending karena saat tidak memiliki rencana investasi, keuntungan yang didapat tidak dapat dimaksimalkan dengan baik hingga akhirnya Anda seperti tidak mendapatkan keuntungan dari skema investasi yang satu ini.

No comments:
Write comments