Beauty

Searching...
02 February 2018

Inilah 50 Makanan Khas Kalimantan Selatan, Orang Banjar Wajib Mencicipi

February 02, 2018
50 Makanan Khas Kalimantan Selatan, Orang Banjar  Wajib mencicipi - Pada kesempatan kali ini, Kita akan mengulas tentang Aneka makanan khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Sebagai salah satu kota yang terletak di wilayah Indonesia, tentunya Banjarmasin juga memiliki ragam makanan dan minuman khas yang menggugah selera. Bagi anda yang berkesempatan berkunjung ke Banjarmasin, jangan lupa cicipi beragam sajian kuliner khas Borneo berikut ini :

Soto Banjar



Makanan Khas Kalimantan Selatan


Instagram by @lindayuliadwiyani
Makanan khas yang paling terkenal dari Kalimantan Selatan khususnya Banjarmasin ini tidak jauh berbeda dari soto Indonesia pada umumnya. Hanya saja kuahnya lebih bening, meskipun ada juga soto banjar yang berkuah keruh. Uniknya, soto banjar ini tidak disajikan dengan nasi, melainan dengan ketupat.

Ketupat Kandangan



ketupat_kandangan
Instagram by @ketupatkandanganmae

Ketupat merupakan salah satu makanan khas Banjarmasin yang cukup terkenal juga. Sajian kuliner ketupat kandangan menggunakan kuah yang keruh berasa dari santan. Tekstur ketupat kandangan lebih keras dibanding ketupat lainnya. Namun, rasanya tidak boleh kalah dengan rasa ketupat lainnya, apalagi ditambah dengan ikan dan telur saat disajikan.

Patin Baubar



patin_baubar
Instagram by @mrs_rica_valentina

Patin baubar adalah pepes yang terbuat dari ikan patin dengan bumbu rempah khas Banjarmasin. Ikan patin merupakan ikan yang sangat mudah didapatkan dari sungai-sungai di Kalimantan selatan, khususnya Banjarmasin sehingga anda jangan khawatir tidak bisa mencicipinya karena banyak sekali orang yang memasak patin baubar ini.

Manday

manday
Selanjutnya ada makanan khas Banjarmasinmanday yang terbuat dari kulit cempedak atau tiwadak dalam bahasa Kalimantan. Kulit tersebut diawetkan dalam waktu yang lumayan lama dengan cara dicampur garam dan didiamkan ditempat tertutup. Semakin lama diawetkan, maka rasanya semakin enak. Manday biasanya dimasak dengan cara digoreng, namun ada juga yang memasaknya dengan cara dibakar.

Gangan Asam Banjar



ganganasam_banjar
Instagram by @antie_zaldy

Sayur khas Banjarmasin yang satu ini menggunakan ikan gabus atau ikan haruan sebagai isinya. Selain itu karena Banjarmasin kaya akan ikan patin, maka biasanya sering diganti dengan ikan patin. Sayur ini berwarna kuning dan rasanya campuran antara asam, gurih, dan segar yang menggugah selera.

Bingka



bingka
Instagram by @adamiahnpinkishdelight

Makanan khas Banjarmasin Kalimantan Selatan yang satu ini merupakan cemilan khas suku Banjar. Rasanya manis dan teksturnya lembut meskipun sedikit berlemak. Bingka terbuat dari adonan tepung terigu, santan, telur, gula pasir, dan garam.

Amparan Tatak



amparan_tatak
Instagram by @resepbanget_id

Amparan tatak merupakan sajian kue khas Banjarmasin yang mempunyai rasa manis. Cara membuatnya tidaklah sulit. Bahannya hanya menggunakan campuran santan dan tepung beras, sedangkan isiannya terdiri dari pisang atau nangka yang dibubuhi daun pandan.

Iwak Pakasam



iwak_pakasam
Instagram by @sel_vi.naufandra

Cara pembuatan iwak pakasam atau dikenal juga dengan iwak basamu ini hampir mirip dengan manday, hanya saja iwak pakasam menggunakan ikan berjenis ikan gabus, ikana pepuyu, ikan mangki atau ikan sepat. Semakin lama diawetkan, maka rasa ikan yang diawetkan akan semakin enak sama seperti manday.

Kelepon Martapura



klepon_martapura
Instagram by @devi.purna17

Jajanan pasar khas Banjarmasin ini diberi nama kelepon martapura dan dikenal dengan dengan semboyan “pacah di ilat” yang artinya pecah di lidah. Memang makanan ini sangatlah enak dengan tekstur lembut dipadu dengan taburan parutan kelapa disekelilingnya dan gula merah yang meleleh saat dimakan.

Gangan Humbut



gangan_humbut
Instagram by @erittaoc

Selanjutnya ada gangan humbut yang memiliki rasa manis. Meskipun rasanya manis namun gangan humbut ini nikmatnya disantap bersama dengan nasi putih hangat. Gangan humbut berbahan baku nyiur atau pohon kelapa yang diolah menjadi sayur dan dijadikan makanan wajib yang harus disajikan saat ada acara hajatan.

Lontong Orari



lontong_orari
Instagram by @kamsarieulfah

Lontong orari mempunyai bentuk seperti segitiga yang lebar dan pipih. Lontong orari disajikan dengan siraman kuah opor nangka muda. Meskipun kelihatannya porsinya tidak terlalu banyak namun lontong orari termasuk makanan kelas berat karena terkadang beberapa orang tidak bisa menghabiskan satu porsi lontong orari yang terdiri dari dua buah lontong dalam satu porsi.

Udang Bakar



udang_bakar
Instagram by @makfoodies

Olahan yang berasal dari udang sungai ini ukurannya besar dan sangat padat berisi sehingga tidak alot. Makanan udang bakar Banjarmasin ini merupakan salah satu menu yang wajib anda coba saat berada di Banjarmasin karena kekayaan hasil sungai yang sangat melimpah.

Brownies Labu


brownies_labu
Instagram by @kulinerbdg

Oleh oleh khas Banjarmasin yang sedang terkenal ini terbuat dari buah labu yang banyak tumbuh subur di kawasan Kalimantan, khususnya Banjarmasin. Teksturnya sangat lembut dan rasanya manis. Satu loyang brownies labu diberi harga 35 ribu rupiah saja.

Kerupuk Ikan



kerupuk_ikan
Instagram by @meihua70

Makanan khas Banjarmasin untuk oleh oleh selanjutnya ada kerupuk ikan yang diolah dari beragam ikan air tawar. Terdiri dari kerupuk ikan belut, ikan gabus, dan juga ikan patin hanya dijual seharga 25 ribu rupiah saja per bungkus. Selain cukup murah, rasanya juga sangat lezat.

Olahan Ikan Kering



ikan_kering
Instagram by @whiskedbysenorita

Selain kerupuk ikan, Banjarmasin juga mempunyai olahan ikan kering lainnya seperti ikan asin tengiri, ikan saluang merah, ikan sepatu samu masak dan abon ikan haruan. Olahan ikan kering tersebut sangat tepat jika anda jadikan oleh oleh karena terbuat dari kekayaan alami khas Banjarmasin.

Nasi Kuning Khas Banjarmasin



nasi_kuningkhas_banjarmasin
Instagram by @susie.agung

Jenis beras yang digunakan dalam nasi kuning khas Banjarmasin berbeda dengan nasi kuning pada umumnya. Selain itu, bumbu yang dipakai juga sedikit berbeda karena memakai bumbu khas Banjarmasin. Beras yang dipakai adalah beras pera, bukan beras pulen seperti biasanya. Meskipun begitu, rasanya malah menjadi sangat khas dan juga enak.

Sop Mutiara



sop_mutiara
Instagram by @eliz_willyam

Sop mutiara sebenarnya merupakan sajian yang berasal dari budaya Tionghoa, namun mengalami sedikit modifikasi rasa sehingga cocok di lidah orang Indonesia. Sop mutiara bukan terbuat dari sagu, mutiara ini adalah bakso ukuran kecil yang disajikan bersama kuah dan kentang serta diberi bumbu bawang putih halus.

Sayur Kambang Tigarun



sayur_kembang_tigarun
Instagram by @ninasyabila99

Sajian kuliner ini merupakan jenis lalapan khas orang Banjar yang keberadaannya sudah sulit ditemukan. Sayur ini ada pada musim musim tertentu ketika bunganya sudah mekar. Sayur ini berisi kambang tigarun yaitu daun, batang, dan bunga dari suatu tumbuhan. Rasa sayur ini pahit, jadi belum tentu anda cocok dengan masakan ini.

Cacapan Asam



cacapan_asam
Instagram by @asditholaasmuni

Makanan yang mempunyai campuran rasa pedas, manis, asam dan gurih ini biasa dijadikan makanan pendamping hampir di setiap jenis kuliner khas Banjarmasin, terutama masakan yang diolah dengan cara digoreng, dibakar, atau diasinkan. Makanan yang cara makannya dengan cara dicocolkan ini mudah anda temukan di warung makan maupun restoran yang ada di Banjarmasin.

Sambal Acan



sambel_acan
Instagram by @siu_jung

Selanjutnya ada sambal acan yang serupa dengan cacapan asam. Dulu sambal acan disajikan diatas piring, namun begitu terkenal sambal acan tersedia dalam kemasan botol sehingga bisa anda beli di warung makan maupun toko oleh oleh. Sambal ini tidak menggunakan air sehingga bisa bertahan lama dan dijadikan oleh oleh yang beda dari lainnya.

Ikan Seluang Goreng



ikan_seluang
Instagram by @adventuresfoodlove

Ikan seluang merupakan ikan sungai yang mudah ditemukan di Banjarmasin. Ikan seluang sebenarnya merupakan ikan teri yang berukuran sedikit lebih besar. Di Banjarmasin, ikan ini digoreng untuk dijadikan lauk maupun cemilan. Biasanya wisatawan membeli ikan seluang goreng ini untuk dijadikan buah tangan.

Iwak Karing Sapat



iwak_karing_sapat
Instagram by @dewi.yuliana23

Selanjutnya ada camilan berbahan dasar ikan lagi, tepatnya ikan sepat. Camilan yang renyah dan gurih ini biasanya disantap bersama dengan nasi putih hangat dan sambal cocol. Satu kilogram iwak karing sapat biasanya dijual dengan harga 40 sampai 60 ribu rupiah tergantung pada musim dan kondisi ikan yang diolah.

Bubur Baayak



bubur_baayak
Instagram by @dewi.yuliana23

Makanan khas Banjarmasin Kalsel berikutnya ada bubur baayak yang mempunyai warna coklat dengan paduan cita rasa manis dan gurih. Bubur ini terbuat dari gandum, tepung beras dan campuran air. Teksturnya kental dan didalamnya terdapat butiran tepung. Mirip dengan bubur candil dari Jawa.

Apam Barabai



apam_barabai
Instagram by @athira_anyd

Apam barambai dikenal sebagai makanan ringan yang mampu mengganjal perut. Terbuat dari adonan tepung beras, santan, gula merah atau putih, dan ditambah dengan tape singkong. Bentuknya bulat dan tipis. Kue basah yang satu ini rasanya legit. Cocok anda jadikan teman perjalanan selama berada di Banjarmasin.

Nasi Itik Gambut



nasi_siitik_gambut
Instagram by @doyanwiskul

Nasi itik gambut merupakan sajian kuliner khas Banjarmasin yang unik. Jika anda ingin menikmati kuliner ini datang saja ke wilayah Gambut karena Gambut merupakan sentra penjualan nasi itik. Satu porsi dijual dengan harga 13 sampai 20 ribu rupiah saja. Nasi ini mempunyai rasa balado dan sedikit manis.

Sate Tulang



sate_tulang
Instagram by @satebob

Selanjutnya ada sate tulang yang merupakan favorit hampir sebagian masyarakat Banjarmasin. Sate ini bukan menggunakan tulang yang dibakar, melainkan memakai bagian tubuh ayam yang tidak digunakan dalam memasak misalnya leher, kulit, dan lemak ayam. Sajian ini lebih nikmat karena disiram dengan bumbu habang yang mempunyai rasa pedas dan sedikit manis.

Otak Otak Ikan Pipih



ikan_pipih
Instagram by @ndy_chandra

Siapa yang tidak kenal otak otak. Otak otak ikan pipih Banjarmasin dibuat dari ikan belida atau ikan pipih saja karena banyak ditemukan di Banjarmasin. Pengolahnnya mudah dicampur dengan bumbu rempah khas Banjarmasin menjadikan otak otak ini nikmat disantap dengan cocolan sambal atau saus pedas.

Hampap



hampap
Instagram by @carolinelc88

Berbahan dasar ikan haruan yang telah dijemur setengah kering kemudian dimasak dengan bumbu khusus, hampap mempunyai rasa yang sangat lezat. Satu porsi hampap selain berisi ikan gabus, juga diberi tambahan isi berupa pucuk labu, labu kuning, dan juga kacang panjang. Hampap biasanya disajikan bersama dengan seporsi nasi hangat.

Sop Banjar



sop_banjar
Instagram by @carolina_zainal

Hampir mirip dengan sop banjar hanya saja disajikan bersama dengan nasi. Satu bumbu rempah yang menjadi kunci dari cita rasa sop banjar yang enak adalah bumbu kas kas. Kas kas merupakan bumbu yang berbentuk seperti butiran yang dicampur dengan bumbu rempah sop banjar lainnya.

Gangan Paliat



gangan_paliat
Instagram by @fatmadeden

Makanan khas Banjarmasin berikutnya ada gangan paliat yang terbuat dari ikan baung atau ikan gabus dan bisa diganti dengan udang. Gangan paliat merupakan olahan ikan yang dimasak dengan rempah-rempah dengan cara ditumis dengan sedikit minyak.

Chai Kue



chaikue
Instagram by @choipansutra

Chai kue atau choi pan merupakan jajanan khas Banjarmasin yang memperoleh ccampuran budaya Tionghoa. Rasanya gurih dan berisi lobak serta ebi ini merupakan favorit banyak orang. Cara memakannya bisa dicocol dengan sambalnya yang pedas dan asam.

Pengkang



pengkang
Instagram by @eliz_willyam

Kue pengkang yang unik khas Banjarmasin ini terbuat dari ketan yang diisi dengan udang ebi. Mirip dengan makanan lemper dari Jawa namun berbeda dari bentuknya. Bentuk pengkang adalah segitiga dan dimakan dengan saus kerang pedas.

Hekeng



hekeng
Instagram by @melchann.a

Makanan yang satu ini terbuat dari campuran berbagai macam daging, diantaranya daging babi dan daging udang. Cita rasanya mirip dengan siomay hanya digoreng lebih kering dan disantap bersama dengan siraman kuah asam manis.

Kalumpe



kalumpe
kalumpe

Kalumpe adalah sayur daun singkong yang dimasak dengan kuah santan. Daun singkong pada masakan kalumpe diolah dengan cara ditumbuk lalu dimasak dengan santan dan campuran bumbu rempah rempah.

Nasi Bekepor



nasi_bekepor
Instagram by @manndegol

Sajian kuliner raja Kalimantan ini mirip dengan nasi liwet yang dimasak dengan santan. Jika biasanya nasi liwet dimakan dengan lauk ayam goreng, beda dengan nasi bekepor yang dimakan dengan daging masak bumi hangus yang rasanya tidak kalah lezat.

Mie Sagu



mie_sagu_banjarmasin
Instagram by @fajarirwan

Seperti namanya, mie ini terbuat dari sagu yang biasanya disajikan dengan cara digoreng atau dimasak berkuah. Rasanya jangan ditanya lagi, sudah pasti lezat.

Juhu Umbut Sawit



umbut_sawit
Instagram by @nor_nina_asamat

Satu lagi sayur khas Banjarmasin yang harus anda coba. Berbahan dasar umbut atau pohon kelapa muda yang dimasak dengan santan. Juhu umbut sawit merupakan sajian kuliner yang menjadi menu wajib di acara pernikahan adat Banjarmasin.

Sate Payau



sate_payau_banjarmasin
Instagram by @windy_winove

Selanjutnya ada sate payau yang terbuat dari daging rusa yang diberi bumbu kacang dan kecap. Rasa daging rusa yang khas dan diolah sedemikian rupa akan membuat anda tidak sadar jika sedang memakan daging rusa karena teksturnya sama dengan daging ayam lainnya.

Kerupuk Basah



kerupuk_basah
Instagram by @kabutagregorius9

Mirip dengan pempek palembang karena bahan dasarnnya sama. Hanya saja kerupuk basah dimasak dengan cara dikukus. Rasanya juga mirip dengan pempek yang belum digoreng.

Ayam Cincane



ayam_cincane
Instagram by @food_choice2016

Masakan yang biasa disajikan pada acara penting ini mempunyai ciri khas tampilannya yang berwarna merah dan rasanya khas dengan rempah rempah.
Rabuk Ikan Haruan


rabuk_ikan_haruan
Instagram by @rhietnaariestina

Rabuk ikan haruan merupakan sajian kuliner berbentuk abon yang dibuat dari ikan haruan. Rasanya enak dan gurih. Rabuk ikan haruan dapat anda temukan di toko oleh oleh yang ada di Banjarmasin. Cara memakannya dengan disajikan bersama nasi putih.

Kalak Banjar

kalak
Selanjutnya akan kami berikan makanan khas Banjarmasin beserta resepnya yang dikenal dengan nama kalak banjar. Berbahan dasar ikan gabus yang dicampur dengan bumbu bumbu khusus terdiri dari serai, lengkuas, asam jawa, bawang merah dan putih, kemiri, merica, tumbar, kunyit, kencur, gula pasir, garam, dan terasi diolah dengan cara ditumis untuk kemudian dibakar. Kalak banjar sangat cocok dimakan bersama sama dengan rombongan wisata anda.

Habang Banjar



ayam_habang
Instagram by @rinihasrita

Habang banjar dibuat dari daging sapi atau daging kambing yang diolah dengan cara dimasak hingga tekstur kuahnya menajdi kental dengan bumbu yang meresap. Sajian kuliner ini nikmat disantap dengan ketupat atau nasi putih sebagai menu makan siang saat berada di Banjarmasin.

Acar Telur Ayam Rebus Banjar



acar_telur
Instagram by @dapurkobe

Resep makanan khas Banjarmasin selanjutnya adalah resep acar telur ayam rebus banjar. Bahan yang perlu disiapkan adalah 6 butir telur ayam rebus, minyak, bawang merah, bawang putih, cabai, dan jangan lupa garam, air, cuka serta gula pasir. Semua bumbu tersebut ditumis terlebih dulu hingga matang kemudian masukkan telur serta garam dan tuangkan air beserta cuka dan gula. Aduk hingga bumbu meresap dan siap disajikan.

Kue Rangai



kue_rangai
Instagram by @dezielie

Oleh oleh makanan khas Banjarmasin berikut mempunyai rasa gurih dan manis. Kue yang terbuat dari kelapa dan sagu ini mungkin terlihat biasa saja, namun rasanya dijamin akan membuat anda ketagihan. kue ini dijual di banyak toko oleh oleh yang tersebar di Banjarmasin.

Mie Bancir



mie_bancir_enak
Instagram by @makananbanjarmasin

Ada lagi olahan makanan khas Banjarmasin berupa mie yang dikenal dengan nama mie bancir. Bancir artinya banci karena mie ini tergolong sebagai mie goreng namun disajikan dengan sedikit kuah. Sehingga membuat mie ini masuk dalam dua kategori jenis mie. Sungguh unik ya penamaannya. Rasanya juga enak sih apalagi ditambah dengan ayam suwir dan potongan telur bebek asin.

Laksa



laksa_banjarmasin
Instagram by @cooking.with.yen

Selanjutnya ada laksa khas Banjarmasin yang terbuat dari tepung beras dan disiram kuah santan kental yang gurih. Ditambah lagi dengan isian ikan gabus seperti ketupat kandangan. Laksa biasanya disajikan pada acara acara khusus, namun sekarang sudah banyak pedagang laksa yang berjualan di warung makan atau kaki lima.

Ipau



ipau
Instagram by @bpnfoodies

Makanan ringan khas Banjarmasin selanjutnya adalah ipau atau pizza banjar. Bentuknya bundar dan terdapat taburan daging di atasnya. Varian ipau terdiri dari dua jenis, yaitu ipau kering dan ipau siram santan. Penasaran dengan rasanya? Silahkan langsung coba saat ke Banjarmasin.

Bobongko



bobongko
Instagram by @lira.patmoko

Satu lagi jajanan khas Banjarmasin yang terbuat dari tepung beras dan santan yang dibungkus dengan daun pisang. Teksturnya lembut dengan isi gula merah dan pisang. Bobongko ada dua jenis, yaitu bobongko sagu dan bobongko gula merah yang rasanya sama sama enak.

Es Nangka Selasih



es_nangka
Instagram by @eva_leovania

Terakhir ada minuman khas Banjarmasin yang sangat terkenal, yaitu es nangka selasih. Sepeti namanya, minuman ini terbuat dari nangka dan selasih. Cara membuatnya mudah pertama campurkan gula pasir dan garam ke dalam air yang mendidih. Kemudian rendam potongan nangka ke dalam air kapur sirih selama beberapa menit, setelah itu cuci dan tiriskan. Selanjutnya masukkan nangka tersebut ke dalam larutan air dan gula tadi selama kurang lebih dua jam. 

Nah, es nangka selasih siap disajikan dengan terlebih dulu ditambah sedikit selasih beserta air jeruk. Hmm.. sepertinya segar ya.

Itulah 50 Makanan Khas Kalimantan Selatan , rekomendasi kuliner berat maupun ringan yang menjadi makanan khas Banjarmasin. Jika anda memerlukan tambahan informasi mengenai tempat wisata Banjarmasin, silahkan kunjungi laman https://tempatwisataindonesia.id/.

0 comments:

Post a Comment