16 January 2018

Sop Mutiara Khas banjar

Sop Mutiara Khas banjar
Jika tadi ada soto banjar, maka berikutnya Banjarmasin menghadirkan sajian berkuah lain yang tak kalah enaknya. Namanya sop mutiara.

Sop mutiara sebenarnya merupakan sajian yang berasal dari budaya Tionghoa, namun mengalami sedikit modifikasi rasa sehingga cocok di lidah orang Indonesia. Sop mutiara bukan terbuat dari sagu, mutiara ini adalah bakso ukuran kecil yang disajikan bersama kuah dan kentang serta diberi bumbu bawang putih halus.

Di dalam budaya Tionghoa, sop mutiara biasanya hadir ketika hari raya imlek tiba. Selain imlek, sop mutiara juga biasa tertampung dalam wadah panci ketika ada acara-acara besar peranakan Tionghoa, semisal pernikahan, ulang tahun, dan sebagainya.

Di Banjarmasin, kamu bisa mencoba sop mutiara ini. Makanan khas Banjarmasin ini dinamakan sop mutiara karena di dalamnya terdapat bakso kerikil atau bakso berukuran kecil-kecil layaknya mutiara. Bakso yang digunakan dibuat dari daging ayam yang digiling yang kemudian dicampur dengan kentang dan bawang putih halus.

Tekstur baksonya lembut, tapi tidak selembut bakso ikan. Bicara mengenai rasanya, sop mutiara mempunyai cita rasa gurih yang dihasilkan dari perpaduan antara susu, tumbukan bawang merah, bawang putih, dan pala.

No comments:
Write comments