12 January 2018

Profil Lengkap HA Sulaiman HB ( H. Leman )

Profil Lengkap HA Sulaiman HB ( H. Leman )
Abdussamad Sulaiman Haji Basirun (lahir di Marabahan, 21 April 1948 – meninggal di Jakarta, 14 Juni 2015 pada umur 67 tahun) adalah seorang pengusaha Indonesia asal Bakumpai, Kalimantan Selatan. Haji Leman, panggilan akrabnya, adalah pemilik dan pendiri klub sepak bola PS Barito Putera. Ia juga pemilik Hasnur Group, grup perusahaan yang bergerak dibidang kehutanan, pertambangan, perkebunan, transportasi, perkapalan, pelabuhan khusus batubara, dokking, properti, dan multimedia serta Yayasan Hasnur Centre yang menaungi Politeknik Hasnur dan SMA Global Islamic Boarding School, sebagai institusi pendidikan tinggi dan menengah di Banjarmasin.

HA Sulaiman HB merupakan seorang pengusaha sukses dan merupakan tokoh yang cukup di hormati dan segani dari kalangan suku Dayak Bakumpai.

Haji Leman panggilan akrabnya, lahir di Marabahan, Barito Kuala, Kalimantan Selatan pada tanggal 21 April 1948.

H.Leman adalah pemilik kerajaan bisnis di bawah bendera Hasnur Group yaitu grup perusahaan yang bergerak di bidang properti, pertambangan, perkebunan, transportasi, pelabuhan dan lain-lain. Selain itu beliau juga mendirikan Politeknik Hasnur dan SMA GIBS yang bertaraf internasional lengkap dengan fasilitas di dalamnya seperti studio musik, gedung olahraga, koperasi, service room, asrama, mesjid, guest house dan lainnya.

Selain sebagai pemilik klub sepak bola PS Barito Putera, Haji Leman juga menjabat sebagai ketua KONI Kalsel, yang turut berkiprah dalam bidang politik, sebagai Ketua DPD Partai Golkar Kalimantan Selatan selama tiga periode, sehingga dia dikenal dekat dengan banyak sosok politisi di tanah air. 

Nama Hasnur di ambil dari nama dirinya yaitu Haji Abdussamad Sulaiman (HAS) dan Hj, Nurhayati (NUR). Nama itu pun dilekatkan pula untuk dua dari tujuh buah hatinya, yakni H. Hasnuryadi Sulaiman SE, yang juga seorang pengusaha dan salah seorang pengurus PSSI pusat dan Hj Hasnuryani Sulaiman, Direktur Keuangan Hasnur Group.

Sebagai orang bakumpai yang juga merupakan ketua Kerukunan Keluarga Bakumpai (KKB) Pusat, beliau dikenal sebagai orang yang sangat dermawan dalam membantu masyarakat sekitar dan aktif dalam melakukan silahturahmi kepada warga bakumpai melalui organisasi Kerukunan Keluarga Bakumpai (KKB) di daerah yaitu silahturahmi dengan KKB di Kuala Kapuas, Palangkaraya, Barito Kuala, Barito Selatan, Muara Teweh sampai Murung Raya. Selain itu bantuan mobil Ambulan yang diberikan oleh Haji Leman sangat dirasakan sekali dalam membantu warga bakumpai khususnya dan masyarakat lainnya pada umumnya. 

Bantuan mobil tersebut di berikan kepada KKB di beberapa daerah seperti KKB Kabupaten Kapuas, Palangkaraya, Batola dan daerah lainnya. Sepak terjang dan kontribusi beliau di berbagai bidang seperti sosial keagamaan, olahraga, dan pendidikan melalui berbagai bantuan yang diberikan menjadikan beliau memang layak untuk di jadikan seorang tokoh dan panutan.

Profil Lengkap HA Sulaiman HB ( H. Leman )

Haji Abdussamad Sulaiman Haji Basirun nama lengkap beliau memang merupakan sosok yang patut untuk ditiru baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam berorganisasi. Namun disayangkan kita tidak dapat lagi melihat sepak terjang beliau secara langsung dikarenakan beliau telah mendahului kita yaitu wafat pada tanggal 14 Juni 2015 di Rumah Sakit Medistra Jakarta dan di kebumikan pada tanggal 15 Juni 2015 di alkah keluarga Kubah KH Datuk Abdus Samad Jalan Panglima Wangkang, Kampung Bentok, Marabahan, Kalimantan Selatan.

Profil Lengkap HA Sulaiman HB ( H. Leman )


Disadur dari berbagai Sumber.

No comments:
Write comments