Beauty

Searching...
16 January 2018

Nasi Kuning Khas Banjarmasin

January 16, 2018
Nasi Kuning Khas Banjarmasin
Semua orang pasti kenal dan pernah mencicipi nasi kuning. Tapi apakah kamu pernah mencoba nasi kuning khas Banjarmasin? Nasi kuning yang dimiliki oleh daerah Banjar berbeda dengan nasi kuning dari daerah-daerah lain. Perbedaan tersebut bisa dilihat dari jenis beras yang digunakan. Selain jenis berasnya, orang Banjar juga menggunakan bumbu yang berbeda sehingga memberikan ciri khas sebagai ikon kuliner di kota Banjar.

Nasi kuning banjar lebih sering menggunakan beras pera, bukan beras pulen seperti pada umumnya. Untuk bumbunya, orang Banjar mempunyai selera berbeda dengan orang Jawa. Kalau biasanya di tanah Jawa nasi kuning terasa lebih harum karena diberikan daun salam dan serai, maka nasi kuning banjar menggunakan sedikit bumbu. Rempah yang digunakan antara lain kunyit untuk mewarnai nasi alami dan daun pandan sebagai penambah aroma.

Di samping bahan-bahan yang berbeda, makanan khas Banjarmasin yang satu ini juga mempunyai cara saji yang berbeda. Di tempat-tempat lain, nasi kuning umumnya menggunakan orek tempe dan aneka lauk lain. Sementara di daerah Banjar, nasi kuning disajikan bersama lauk bumbu habang atau bumbu merah dan serundeng untuk pelengkap dan pemberi cita rasa gurih.

0 comments:

Post a Comment