Beauty

Searching...
14 December 2016

Tutorial membuat teks typogrphy 3D dengan Photoshop CC

December 14, 2016
Kali ini akan membagikan sebuah tutorial text Typography dalam bentuk efek 3D. Dan pastinya Photoshop CS6 untuk mendukung pembuatan efek .
Mari kita mulai .

Hasil akhir

Tahap 1
Buka Photoshop CS6 anda dan buatlah dokumen baru dengan ukuran besar . Disini saya mengatur Widht = 1500 px dan Heigth = 1200 px dengan warna putih untuk Background . Setelah itu pilih Type Tool dan buatlah teks sekitar dua paragraph atau lebih sesuai keinginan :


Selanjutnya atur masing-masing teks pada paragraph yang berbeda dengan menggunakan Character panel  hingga anda mendapat bentuk teks yang anda inginkan :

Seperti inilah bentuk teks yang saya buat :

Tahap 2
Klik Ctrl+T(Win) atau Command+T(Mac) dan atur posisi dan ukuran hingga anda mendapat posisi yang pas . Aturlah teks kebagian tengah dokumen :

Selanjutnya kita akan mengubah teks yang kita punya menjadi Shape . Caranya pilih layer teks , klik kanan dan pilih Convert to Shape pada pesan yang muncul . Dan anda akan mendapatkan garis pada bagian luar teks anda :

Sekarang kita akan mengubah teks yang sudah menjadi Shape tadi menjadi teks 3D . Langsung saja, masih pada layer yang sama , klik kanan lagi dan pilih New 3D Extrusion from Selected Layer :

Dan seperti inilah teks anda dalam bentuk 3D :

Kemudian kita akan membuat background atau tempat untuk teks 3D kita . Kembali ke Layers panel dan pilih layer Background dan klik kanan pada layer tersebut. Pada pilihan yang muncul , pilih Postcard :


Setelah mengubah layer background tadi menjadi Postcard , selanjutnya kita akan menggabungkan Layer Background tadi dengan layer teks 3D . Caranya pilih kedua layer tersebut kemudian buka menu 3D dan pilih Merge 3D Layers :


Lakukan proses Render pada teks 3D didokumen anda dengan cara tekan Alt+Shift+Ctrl+R(Win) atau Option+Shift+Command+R(Mac) pada keyboard anda dan tunggulah sampai proses Render selesai atau jika anda sudah puas dengan hasilnya cukup klik dimana saja untuk menghentikan proses render . seperti inilah hasilnya setelah anda menggabungkan kedua layer tadi :

Kemudian , saya ingin megubah sedikit ukuran efek 3D untuk teks yang saya punya . Pilih teks anda pada palette 3D dan palette Properties akan muncul pada bagian atas . Atur Extrusion Depth menjadi sekitar 94 . Anda bisa mengatur ukuran sesuai yang anda inginkan :

Lakukan lagi proses Render hingga anda mendapat hasil yang  bagus . (Proses render pada gambar dibawah ini belum selesai )

Tahap 3
Sekarang kita akan memberikan texture warna pada teks 3D kita. Mulailah dengan memilih semua Material teksyang ada di 3D palette dan Properties Materials akan muncul pada bagian atas . Klik ikon pada bagian Deffuse dan pilih Remove Texture Pada pilihan yang muncul untuk menghilangkan texture yang sudah ada :

Selanjutnya klik ikon warna pada Diffuse dan pilih warna kuning untuk warna teks anda . Lakukan proses Render hingga mendapat hasil bagus Dan bisa anda lihat teks anda berubah menjadi kuning :

Kemudian klik kanan Widget 3D objek pada bagian kiri bawah dokumen anda dan pada pilhan yang muncul pilih Left untuk mendapatkan posisi kamera dari sisi kiri :

Selanjutnya pilih folder Background layer dan folder teks 3D anda pada palette 3D .  klik Move Tool dan pilih Align Left Edges pada option bar :

Kemudian kembalikan tampilan kamera seperti semula . Caranya klik kanan lagi widget 3D dan pilih Default Camera :

Lakukan proses Render dan seperti inilah hasil yang saya dapatkan :

Tahap 4
Pada tahap ini kita akan menambahkan bayangan pada teks 3D kita . karena disini teks kita belum mempunyai bayangan maka kita harus membuatnya . Mulailah dengan klik ikon pada bagian bawah palette 3D dan pilih New Point Light :

Kemudian pilih Tool pada 3D Mode dan klik pada widget 3D dan geser secara diagonal hingga anda mendapatkan hasil seperti gambar :

Selanjutnya pilih Tool dan klik pada bagian samping dokumen dan tarik sedikit keatas. Jika anda kurang paham dengan cara tadi anda bias menggunakan cara yang kedua yaitu dengan Tool . Dengan Tool tersebut cukup perkecil teks anda sesuai yang anda inginkan :

Kemudian , pada palette properties klik ikon Move to View, dan kembalikan lagi tampilan kamera anda ke bentuk semula dengan klik kanan pada widget 3D dan pilih Default Camera  :

Lakukan proses Render sampai anda mendapat hasil yang bagus . Seperti inilah gambar yang saya dapatkan . Bagaimana dengan anda ? saya harap anda juga sama :

Tahap 5
Sekarang kita akan menambahkan efek Bevels untuk teks kita . Caranya pilih teks anda pada palette 3D dan pilih Cap pada palette Properties. Ubah Width menjadi 10% :

Lakukan proses Render dan jika anda perhatikan , anda akan mendapat sedikit efek timbul pada permukaan teks. (Maaf saya lupa mengambil gambar detailnya) :

Selanjutnya kita akan mengubah warna teks menjadi lebih terang . Caranya , pilih material kedua dan aturlah Materials seperti gambar :


Lakukan proses Render dan seperti inilah hasilnya :

Tahap 6
Sebenarnya warna background asli kita masih dengan warna putih dan pada saat kita selesai melakukan Render , itu bukanlah warna background yang asli . Nah pada tahap ini kita akan mengatasi masalah tersebut . Caranya , Pilih Background pada palette 3D dan pada palette Properties, ubah warna diffuse menjadi Putih dan dokumen anda secara otomatis akan berubah menjadi warna putih . Selanjutnya masih pada palette Properties, klik pada ikon bagian Diffuse dan pilih Remove Texture untuk menghilangkan texture yang ada . kemudian klik ikon folder pada bagian Bump dan pilih New Texture pada pilihan yang muncul :

Setelah itu akan muncul pesan untuk sebuah dokumen baru dengan ukuran yang sama dengan dokumen awal kita, cukup klik Ok . Kemudian, masih pada palette properties. klik lagi ikon pada bagian Bump dan pilih Edit Texture :

Dan secara otomatis photoshop akan membuka sebuah dokumen baru untuk texture:

Pada dokumen baru , kita akan menambahkan efek Noise pada dokumen tersebut . Caranya , buka menu Filter > Noise dan pilih Add Noise . Aturlah Add Noise seperti gambar :

Kemudian ubah sedikit intesitas warna dari texture . Caranya Ctrl+L(Win) atau Command+L (Mac) untuk mengakses Levels dan aturlah Levels seperti gambar :

Dan seperti inilah gambar texture untuk beckground yang saya dapatkan . Setelah selesai , cukup simpan dokumen dengan menekan Ctrl+S (Win) atau Command+S (Mac) dan tutup dokumen tersebut :

Lakukan Proses Render dan inilah hasilnya :

Tahap Terakhir
Saya masih kurang puas dengan hasil warna pada teks yang saya punya disini . Saya ingin mengubahnya sedikit untuk menghasilkan gambar yang lebih keren . Mulailah dengan memilih Environment pada palette 3D dan pada palette Properties klik ikon folder IBL dan pilih New Texture pada pilihan yang muncul . Dan akan muncul pesan untuk sebuah dokumen baru seperti tadi dengan ukuran yang sama , cukup klik Ok .

Selanjutnya masih pada palette Properties, klik lagi ikon Texture pada IBL dan pilih Edit Texture pada pilihan yang muncul :

Dan secara otomatis Photoshop akan membuka sebuah dokumen baru seperti tadi :

Setelah itu , pilih Rectangle Tool dengan Fill berwarna hitam dan Stroke tanpa warna . Buatlah Shape pada setengah bagian dokumen :

Kemudian pada palette Layers, klik ikon Adjustment dan pilih Brightness/Contrast pada pilihan yang muncul . Aturl Brightness/Contrast seperti gambar . Jika sudah selesai , Simpan dan tutup dokumen tersebut :

Lakukan proses Render untuk yang terakhir kalinya dan tunggu sampai selesai jika ingin mendapatkan hasil bagus walaupun sedikit memakan waktu . Inilah hasil akhirnya :

Mungkin anda bisa medapatkan Typograpy yang lebih bagus jika anda mencoba untuk berkreasi . Terima kasih atas kunjungan di tutor saya . See You On Next Tutor ……………..
Sumber : http://sidimageenation.blogspot.co.id/2014/01/cara-membuat-teks-typogrphy-3d-dengan.html

0 comments: