14 December 2016

Tutorial membuat teks typogrphy 3D dengan Photoshop CC

Kali ini akan membagikan sebuah tutorial text Typography dalam bentuk efek 3D. Dan pastinya Photoshop CS6 untuk mendukung pembuatan efek .
Mari kita mulai .

Hasil akhir

Tahap 1
Buka Photoshop CS6 anda dan buatlah dokumen baru dengan ukuran besar . Disini saya mengatur Widht = 1500 px dan Heigth = 1200 px dengan warna putih untuk Background . Setelah itu pilih Type Tool dan buatlah teks sekitar dua paragraph atau lebih sesuai keinginan :


Selanjutnya atur masing-masing teks pada paragraph yang berbeda dengan menggunakan Character panel  hingga anda mendapat bentuk teks yang anda inginkan :

Seperti inilah bentuk teks yang saya buat :

Tahap 2
Klik Ctrl+T(Win) atau Command+T(Mac) dan atur posisi dan ukuran hingga anda mendapat posisi yang pas . Aturlah teks kebagian tengah dokumen :

Selanjutnya kita akan mengubah teks yang kita punya menjadi Shape . Caranya pilih layer teks , klik kanan dan pilih Convert to Shape pada pesan yang muncul . Dan anda akan mendapatkan garis pada bagian luar teks anda :

Sekarang kita akan mengubah teks yang sudah menjadi Shape tadi menjadi teks 3D . Langsung saja, masih pada layer yang sama , klik kanan lagi dan pilih New 3D Extrusion from Selected Layer :

Dan seperti inilah teks anda dalam bentuk 3D :

Kemudian kita akan membuat background atau tempat untuk teks 3D kita . Kembali ke Layers panel dan pilih layer Background dan klik kanan pada layer tersebut. Pada pilihan yang muncul , pilih Postcard :


Setelah mengubah layer background tadi menjadi Postcard , selanjutnya kita akan menggabungkan Layer Background tadi dengan layer teks 3D . Caranya pilih kedua layer tersebut kemudian buka menu 3D dan pilih Merge 3D Layers :


Lakukan proses Render pada teks 3D didokumen anda dengan cara tekan Alt+Shift+Ctrl+R(Win) atau Option+Shift+Command+R(Mac) pada keyboard anda dan tunggulah sampai proses Render selesai atau jika anda sudah puas dengan hasilnya cukup klik dimana saja untuk menghentikan proses render . seperti inilah hasilnya setelah anda menggabungkan kedua layer tadi :

Kemudian , saya ingin megubah sedikit ukuran efek 3D untuk teks yang saya punya . Pilih teks anda pada palette 3D dan palette Properties akan muncul pada bagian atas . Atur Extrusion Depth menjadi sekitar 94 . Anda bisa mengatur ukuran sesuai yang anda inginkan :

Lakukan lagi proses Render hingga anda mendapat hasil yang  bagus . (Proses render pada gambar dibawah ini belum selesai )

Tahap 3
Sekarang kita akan memberikan texture warna pada teks 3D kita. Mulailah dengan memilih semua Material teksyang ada di 3D palette dan Properties Materials akan muncul pada bagian atas . Klik ikon pada bagian Deffuse dan pilih Remove Texture Pada pilihan yang muncul untuk menghilangkan texture yang sudah ada :

Selanjutnya klik ikon warna pada Diffuse dan pilih warna kuning untuk warna teks anda . Lakukan proses Render hingga mendapat hasil bagus Dan bisa anda lihat teks anda berubah menjadi kuning :

Kemudian klik kanan Widget 3D objek pada bagian kiri bawah dokumen anda dan pada pilhan yang muncul pilih Left untuk mendapatkan posisi kamera dari sisi kiri :

Selanjutnya pilih folder Background layer dan folder teks 3D anda pada palette 3D .  klik Move Tool dan pilih Align Left Edges pada option bar :

Kemudian kembalikan tampilan kamera seperti semula . Caranya klik kanan lagi widget 3D dan pilih Default Camera :

Lakukan proses Render dan seperti inilah hasil yang saya dapatkan :

Tahap 4
Pada tahap ini kita akan menambahkan bayangan pada teks 3D kita . karena disini teks kita belum mempunyai bayangan maka kita harus membuatnya . Mulailah dengan klik ikon pada bagian bawah palette 3D dan pilih New Point Light :

Kemudian pilih Tool pada 3D Mode dan klik pada widget 3D dan geser secara diagonal hingga anda mendapatkan hasil seperti gambar :

Selanjutnya pilih Tool dan klik pada bagian samping dokumen dan tarik sedikit keatas. Jika anda kurang paham dengan cara tadi anda bias menggunakan cara yang kedua yaitu dengan Tool . Dengan Tool tersebut cukup perkecil teks anda sesuai yang anda inginkan :

Kemudian , pada palette properties klik ikon Move to View, dan kembalikan lagi tampilan kamera anda ke bentuk semula dengan klik kanan pada widget 3D dan pilih Default Camera  :

Lakukan proses Render sampai anda mendapat hasil yang bagus . Seperti inilah gambar yang saya dapatkan . Bagaimana dengan anda ? saya harap anda juga sama :

Tahap 5
Sekarang kita akan menambahkan efek Bevels untuk teks kita . Caranya pilih teks anda pada palette 3D dan pilih Cap pada palette Properties. Ubah Width menjadi 10% :

Lakukan proses Render dan jika anda perhatikan , anda akan mendapat sedikit efek timbul pada permukaan teks. (Maaf saya lupa mengambil gambar detailnya) :

Selanjutnya kita akan mengubah warna teks menjadi lebih terang . Caranya , pilih material kedua dan aturlah Materials seperti gambar :


Lakukan proses Render dan seperti inilah hasilnya :

Tahap 6
Sebenarnya warna background asli kita masih dengan warna putih dan pada saat kita selesai melakukan Render , itu bukanlah warna background yang asli . Nah pada tahap ini kita akan mengatasi masalah tersebut . Caranya , Pilih Background pada palette 3D dan pada palette Properties, ubah warna diffuse menjadi Putih dan dokumen anda secara otomatis akan berubah menjadi warna putih . Selanjutnya masih pada palette Properties, klik pada ikon bagian Diffuse dan pilih Remove Texture untuk menghilangkan texture yang ada . kemudian klik ikon folder pada bagian Bump dan pilih New Texture pada pilihan yang muncul :

Setelah itu akan muncul pesan untuk sebuah dokumen baru dengan ukuran yang sama dengan dokumen awal kita, cukup klik Ok . Kemudian, masih pada palette properties. klik lagi ikon pada bagian Bump dan pilih Edit Texture :

Dan secara otomatis photoshop akan membuka sebuah dokumen baru untuk texture:

Pada dokumen baru , kita akan menambahkan efek Noise pada dokumen tersebut . Caranya , buka menu Filter > Noise dan pilih Add Noise . Aturlah Add Noise seperti gambar :

Kemudian ubah sedikit intesitas warna dari texture . Caranya Ctrl+L(Win) atau Command+L (Mac) untuk mengakses Levels dan aturlah Levels seperti gambar :

Dan seperti inilah gambar texture untuk beckground yang saya dapatkan . Setelah selesai , cukup simpan dokumen dengan menekan Ctrl+S (Win) atau Command+S (Mac) dan tutup dokumen tersebut :

Lakukan Proses Render dan inilah hasilnya :

Tahap Terakhir
Saya masih kurang puas dengan hasil warna pada teks yang saya punya disini . Saya ingin mengubahnya sedikit untuk menghasilkan gambar yang lebih keren . Mulailah dengan memilih Environment pada palette 3D dan pada palette Properties klik ikon folder IBL dan pilih New Texture pada pilihan yang muncul . Dan akan muncul pesan untuk sebuah dokumen baru seperti tadi dengan ukuran yang sama , cukup klik Ok .

Selanjutnya masih pada palette Properties, klik lagi ikon Texture pada IBL dan pilih Edit Texture pada pilihan yang muncul :

Dan secara otomatis Photoshop akan membuka sebuah dokumen baru seperti tadi :

Setelah itu , pilih Rectangle Tool dengan Fill berwarna hitam dan Stroke tanpa warna . Buatlah Shape pada setengah bagian dokumen :

Kemudian pada palette Layers, klik ikon Adjustment dan pilih Brightness/Contrast pada pilihan yang muncul . Aturl Brightness/Contrast seperti gambar . Jika sudah selesai , Simpan dan tutup dokumen tersebut :

Lakukan proses Render untuk yang terakhir kalinya dan tunggu sampai selesai jika ingin mendapatkan hasil bagus walaupun sedikit memakan waktu . Inilah hasil akhirnya :

Mungkin anda bisa medapatkan Typograpy yang lebih bagus jika anda mencoba untuk berkreasi . Terima kasih atas kunjungan di tutor saya . See You On Next Tutor ……………..
Sumber : http://sidimageenation.blogspot.co.id/2014/01/cara-membuat-teks-typogrphy-3d-dengan.html

No comments:
Write comments