03 October 2013

Tips memilih kertas Foto dan jenis-jenisnya

Jenis kertas foto yang digunakan kebutuhan printing - Memilih kertas foto bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh para pebisnis baru di dunia digital printing. Dunia percetakan tidak hanya dipengaruhi oleh mesin cetak digital, tetapi juga jenis kertas cetak yang digunakan. Bagi Anda yang ingin bergelut dengan dunia digital photo studio, sebaiknya Anda handal memilih kertas foto yang tepat sesuai kebutuhan cetak.

Banyaknya jenis kertas foto yang tersedia di pasaran semakin memudahkan Anda untuk memilih kertas foto yang berkualitas. Perlu Anda ketahui, mahalnya harga kertas belum tentu menghasilkan cetakan maksimal. Selain kemampuan photo editing, kemampuan Anda untuk memaksimalkan printer dan jenis kertas foto juga sangat menentukan hasil akhir cetakan. 

kertas foto yang terbaik untuk cetak fotoAgar hasil foto lebih berkualitas dan memuaskan, jenis kertas foto yang Anda pilih harus sesuai dengan tipe printer. Berikut beberapa jenis kertas foto yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan printing.

Canvas paper
Jenis kertas ini biasa digunakan untuk mencetak foto agar hasil akhir cetakan menampilkan foto yang persis dengan kertas canvas.


Glossy photo paper/ glanz paper
Jenis kertas foto ini memiliki tekstur halus, mengkilap, cenderung mudah lengket, rawan gores, dan berbekas sidik jari. Dengan jenis kertas mengkilap dan putih mampu menghasilkan cetakan yang cemerlang. Memilih kertas foto jenis glossy photo paper ini dapat Anda gunakan untuk foto resolusi tinggi dan harganya pun relatif murah. 


Premium glossy photo paper
Kertas jenis ini mampu menghasilkan cetakan dengan efek lebih mengkilap dan cocok digunakan untuk mencetak foto dengan resolusi tinggi. Harganya yang mahal sebanding dengan hasil cetaknya yang lebih maksimal dan cerah.


Sticker glossy photo paper
Sticker glossy photo paper sangat cocok untuk keperluan pembuatan sticker serta mampu mencetak foto beresolusi tinggi. 


Matte paper
Ingin kertas foto lebih awet dan tidak lengket? Sebaiknya Anda memilih kertas foto jenis ini, karena permukaaan kertas lebih bertekstur dan sedikit memantulkan cahaya. 


Double-Side paper
Kertas jenis ini mampu digunakan untuk mencetak foto pada bagian depan dan belakang. Kualitas foto yang dihasilkan juga cukup bagus, tidak terlalu mengkilap dan cenderung doff. Double-Side paper biasanya digunakan untuk sarana promosi, seperti pamflet atau brosur. 


Laser photo paper
Permukaan kertas yang mirip kulit jeruk adalah ciri khas untuk membedakan dengan jenis kertas lain. Kualitas laser photo paper bisa bertahan hingga puluhan tahun, tidak mudah pudar, mampu menghasilkan efek doff, dan bila Anda Memilih kertas foto jenis ini sangat cocok digunakan untuk foto dengan resolusi tinggi. 


Inkjet paper
Inkjet paper biasanya digunakan untuk keperluan grafis dan kurang cocok bila digunakan untuk keperluan digital photo printing. Kualitas kertasnya mampu menyerap tinta lebih bagus dan cepat kering.


Sublim paper
Sublim paper digunakan sebagai media perantara transfer gambar ke kaos dan tidak bisa digunakan untuk mencetak foto. 


Itulah jenis-jenis kertas yang banyak beredar di pasaran. Dengan mengenal beberapa jenis kertas, memudahkan Anda memilih kertas foto sesuai keperluan cetak.

Ingin hasil cetak foto Anda lebih maksimal, gunakanlah kertas yang sesuai dengan keperluan Anda Dengan kualitas kertasnya yang dapat digunakan disegala jenis printer inkjet dan hasil cetak tinta yang anti luntur serta anti pudar menjadikan usaha percetakan Anda semakin diminati konsumen.

No comments:
Write comments