05 October 2013

Tips Membeli Kamera Bekas Agar kita tidak Rugi


Tips Membeli Kamera Bekas Agar kita tidak RugiTips Membeli Kamera Bekas Agar kita tidak Rugi - Sebentar lagi kita akan memasuki saat Liburan Lebaran Haji tentunya itu amat dinanti. Sayang rasanya jika momen indah berkumpul bareng keluarga tidak diabadikan. nah, untuk Sobat yang ingin memiliki Kamera Digital, tetapi terbentur dengan budget, membeli yang bekas juga tidak masalah. asalkan, tahu triknya. Pada artikel sebelumnya saya sudah memberikan Tips memeilih lensa yang cocok untuk DSLR, Kali ini saya memberikan 5 Tips Agar kita tidak Rugi Membeli Kamera Bekas yang akan saya berikan :


  • Cek Body

Perhatikan cat di Body. apakah sudah ada yang terkelupas atau tergores ? cat ini merupakan indikator seberapa sering kamera dipergunakan. cat bodi yang mengelupas menandakan bahwa kamera tersebut sering dipakai. Perhatikan juga baut bautnya. Jika kepala baut ada yang gompal, berarti kamera tersebut pernah diservis. jangan dibeli !! Amati juga tempat kartu memorinya. Coba keluar masukkan kartu memorinya, apakah masih pas dan terdengar suara Klik. Periksa juga penutup CF/SD-nya, kalau tidak tertutup rapat ada kemungkinan kamera pernah jatuh.

  • Periksa LCDLink

Cek LCD panel secara seksama, apakah setiap ikon menu masih ditampilkan dengan benar. Cermati juga, apakah LCD tersebut mengalami dot pixel, berupa titik pada layar. Jika ada jangan dibeli !!, perbaikan LCD yang mengalami dot pixel sangat sulit dilakukan dan selain itu biayanya mahal. Jika LCD rusak, seringkali kita harus mengganti dengan LCD baru.

  • Amati Kontak Elektrik

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah bagian kontak elektriknya. Mulai dari hot shoe, kompartemen baterai, port atau colokan USB dan Video, Trigger flash, harus bebas dari korosi. Untuk kamar baterai, pastikan tidak ada karat akibat dari bocornya baterai. Sedangkan untuk Hot shoe, periksalah apakah kontak elektrinya kotor ? Kalau ya, coba bersihkan dengan contat cleaner. Jika membandel, tinggalkan saja, jangan dibeli !!

  • Tes Kinerja

Untuk DSLR, coba tes mirror reflex-nya, apakah masih bekerja dengan baik. Tes juga auto focus-nya. Apakah setiap titik AF-nya masih berfungsi sesuai settingan dan dapat merespon dengan akurat. Lihat juga kecepatan rana-nya apakah berfungsi sesaui pengesetan dan bisa langsung merespon begitu tombol ditekan. dan akhirnya, lihat mount lens-nya, pastikan masih sempurna tidak ada cacat atau bekas benturan.

  • Ajak Ahli

Agar tidak kecewa, ajaklah teman Anda yang paham betul akan seluk beluk kamera digital. selain itu, carilah informasi dari media cetak ataupun dari internet. Ini akan berguna, sebelum Anda 'mengeksekusi', camdig mana yang akan Sobat aziscs1 beli.



itulah 5 Tips Sebelum Sobat membeli Kamera Digital bekas ( Seken), semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments