13 September 2013

pengenalan Color balance, hue/saturation, desaturate dan match color

Color balance
Color balance
Color balance
Color balance berfungsi untuk mengubah mixture dari keseluruhan warna dalam suatu image untuk melakukan koreksi warna secara umum. Dengan menggunakan ketiga buah slider Cyang, Magenta dan Yellow anda dapat menaik turunkan unsur-unsur warna pada seluruh bidang image, sementara untuk mengatur keseimbangan total (total balance) tersedia 3 pilihan Shadow (gelap), Midtones (sedang) dan Highlight (terang).
Hue/saturation
Hue saturation
Hue saturation
Perintah ini sebenarnya bekerja dengan Hue, Saturation dan Lightness. Fungsinya untuk melakukan koreksi, menambah atau mengurangi suatu unsur warna. Sebagaimana sering kita alami di mana suatu hasil foto menglami kelebihan saturasi, yaitu suatu warna terasa begitu berlebihan sehingg tidak terkesan natural.
Pada kotak dialog Hue/Saturation anda dapat memilih salah satu unsur warna untuk diatur saturasinya atau pilih Master untuk mengatur saturasi pada keseluruhan warna pada image tersebut.
Desaturate
Fungsi Adjustment ini akan mengubah suatu image berwarna menjadi hitam putih tanpa harus mengubah mode warnanya. Kelebihan Desaturate dengan mengubah mode warna Greyscale adalah detail dari dimensi gelap terang dari image ketika dicetak lebih bagus jika anda menggunakan printer warna.
Match color
Match color
Match color
Ini merupakan fasilitas baru pada Adobe Photoshop Cs, hingga pada versi Cs3. Perintah ini mengatur unsur brightness dengan hasil yang labih baik dengan menggunakan slider Luminance dan Color Components.
Pada kotak Source, anda dapat menyesuikan keseluruhan warna image ini agar sesuai tonenya dengan image-iemge lain yang mungkin akan dipasang berdekatan dalam suatu halaman. Ini penting sekali karena suatu image hanya merupakan suatu unsur dalam suatu grafis. Dengan demikian keserasian warna antara image satu dengan image lain perlu dipikirkan.
Cara melakukan adjustment ini langkahnya sebagai berikut:
1. Buka sebuah image pertama yang akan dijadikan patokan.
2. Buka file kedua yang akan diatur.
Pada posisi file aktif, bukalah kotak dialog Match Color (Image > Adjustment > Match Color).
Pada kotak Source, pilih nama file pertama yang akan dijadikan patokan pada kotak nama, Target. Nama file itu akan muncul pada kotak Source, karena anda telah membuka dile pertama lebih dahulu. Tampilan file source ini tidak muncul di kotak preview di sebelah kanannya.
Sesuikan setting warna yang terdiri dari Luminance, Color Intencity dan Edge. Langkah ini juga dapat anda lakukan setelah anda menentukan file source setelah langkah berikut sehingga anda dapat melihat hasilnya secara langsung.
 
Sumber : http://crow-xp.blogspot.com/2013/04/color-balance-huesaturation-desaturate.html

No comments:
Write comments