Beauty

Searching...
22 September 2013

Mengenal Jenis-jenis Lensa Dalam Fotografi

September 22, 2013
Mengenal Ragam Lensa Dalam Fotografi
Mengenal Jenis-jenis Lensa Dalam Fotografi - Kamera dan lensa merupakan sebuah satu kesatuan, saat ini kita akan mengenal ragam lensa. Keduanya saling melengkapi. Sebab kamera dapat berfungsi seutuhnya bila memiliki lensa. Melalui lensa ketajaman obyek foto dapat ditentukan. Oleh karena itu, tidak dapat dipungkiri bahwa lensa memainkan peran penting dalam mewujudkan foto yang baik dan berkualitas.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin masif di bidang fotografi, ada beragam lensa yang perlu diketahui. Tentu saja ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keuangan yang kita miliki. Dengan demikian, anda tidak akan salah dalam membeli lensa.
Jenis-Jenis Lensa

  • Lensa Standar Hampir semua kamera menyediakan fasilitas lensa standar yaitu berukuran 50 mm. Lensa ini akan menunjukkan obyek yang sama dengan apa yang dilihat oleh mata kita. Lensa jenis ini cocok digunakan untuk menangkap obyek di mana pemotret sejajar dengan pandangan mata obyek. Efek dari pengambilan obyek seperti ini adalah hasil yang didapat akan nampak lebih alami.
  • Lensa Sudut Lebar (wide lense) Lensa ini dapat menjangkau obyek pemotretan lebih luas atau lebar. Dengan menggunakan lensa sudut lebar ini efek foto yang didapat adalah obyek foto akan terlihat lebih jauh dan lebih kecil. Ada beberapa ukuran lensa sudut lebar yaitu; 17 mm, 20 mm, 24 mm, 28 mm dan 35 mm.
    Lensa wide lense cocok digunakan untuk memotret panorama, landscape, arsitektur serta suasana yang meriah seperti parade dan lain lain. Sebenarnya ada juga jenis lensa sudut lebar dengan ukuran 14 mm, 15 mm dan 16 mm. Akan tetapi, jenis lensa dengan ukuran tersebut lebih biasa dikenal dengan lensa fish eye. Lensa ini biasa digunakan untuk memberikan efek yang membulat dalam foto. Penggunaan lensa fish eye saat ini lazim digunakan oleh penggiat olah raga ekstrim karena efek gambar yang berbeda pada umumnya. Penggunaan lensa fish eye dalam memotret arsitektur juga memberikan efek yang unik.
  • Lensa Tele Fungsi dari lensa tele merupakan kebalikan dari lensa sudut lebar, yaitu memendekkan ukuran obyek atau mendekatkannya dengan pemotret. Lensa tele memberikan ruang tajam (depth of field) yang sempit sehingga obyek menjadi lebih menonjol dari sekitarnya.
    Ukuran lensa tele adalah di atas 70 mm. Penggunaan lensa ini akan maksimal untuk memotret profil serta baik untuk cropping komposisi yang tidak diinginkan. Jika hendak menciptakan efek blur pada lingkungan di sekitar obyek foto, maka lensa tele merupakan teman yang cocok untuk digunakan.
    Untuk memotret profil (wajah) maka lensa tele yang direkomendasikan adalah yang memiliki ukuran 85 mm. Umumnya ukuran lensa tela adalah 135 mm, 180 mm, 300 mm dan 400 mm.
    Bagi pemula, penggunaan lensa tele berukuran di atas 200 mm sebaiknya menggunakan alat bantu tripod atau monopod. Mengapa? untuk mengurangi efek shaking (getaran) saat tombol rana dilepaskan.
  • Lensa Zoom Lensa zoom pada dasarnya gabungan antara lensa sudut lebar, standar dan tele. Dengan kata lain, apabila kita membeli lensa jenis tersebut maka sebenarnya kita telah memiliki ukuran ketiga lensa tersebut. Maka dari itu, untuk sekedar hobi lensa ini dapat menjadi pilihan utama. Selain karena memiliki multi fungsi harganya pun relatif lebih terjangkau.
    Keuntungan lain yang dapat diperoleh apabila membeli lensa ini adalah kita tidak perlu repot mengganti lensa setiap kali membutuhkan lensa tertentu. Pada setiap lensa zoom terdapat pengaturan untuk penggunaan ukuran lensa yang dikehendaki. Ukuran lensa zoom umumnya adalah 35-70mm dan 80-200mm
  • Lensa Makro Kegunaan lensa ini adalah untuk memotret benda-benda kecil seperti binatang, serangga dan obyek lainnya yang berukuran kecil. Efek dari penggunaan lensa ini adalah akan menimbulkan efek detil pada obyek yang berukuran kecil.
    Pada setiap kamera, ukuran lensa makro tidak sama. Ada yang berukuran 55 mm, 60 mm. Pada beberapa lensa tele terkadang juga memiliki fasilitas lensa makro misalnya ukuran 105 mm atau 200 mm 
Itulah Ulasan mengenai Mengenal Jenis-jenis Lensa Dalam Fotografi semoga bermanfaat.

Sumber : http://tutografi.com/mengenal-ragam-lensa

0 comments: