14 September 2013

Mengatur Suara Video di Adobe Premiere

Mengatur Suara Video di Adobe Premiere
Mengatur Suara Video di Adobe Premiere - Dalam pembuatan video atau film tak bisa terlepas dari adanya audio atau suara. Audio yang tertata rapi dan bagus bisa membantu tampilan video Anda semakin maksimal. Suara-suara yang ada pada video mampu mempengaruhi emosi para penikmat video maupun film. Oleh sebab itu penting bagi Anda yang sedang mengedit video untuk memperhatikan besar kecilnya suara yang dihasilkan oleh video.

Untuk pengaturan besar kecilnya suara yang dihasilkan video Anda bisa mengandalkan Adobe premiere sebagai salah satu software pengolah audio dan video terpopuler saat ini. Ada sedikitnya dua teknik pengaturan suara video pada Adobe Premiere. Teknik pertama menggunakan Audio Gain dan teknik kedua memanfaakan keyframe pada Timeline. Berikut tutorial pengaturan suara video menggunakan Audio Gain:

Audio Gain

  1. Buka Adobe Premiere dan Import video Anda.
  2. Drag video Anda menuju Timeline.
  3. Klik kanan pada tab Audio kemudian pilih Audio Gain.
    Audio-gain
    Klik Kanan pada Suara Kemudian pilih Audio Gain
  4. Ubah sesuai keinginan dengan aturan semakin besar angka pada dB (satuan intensitas suara) maka semakin keras suara yang akan dihasilkan.
    Audio gain db
    Ubah dB Sesuai Keinginan

Keyframe pada Timeline

Untuk tutorial kedua pengaturan suara pada video memanfaatkan keyframe pada Timeline simak tutorial sederhana berikut ini:
  1. Drag video Anda menuju timeline.
  2. Pada tab audio pilih iconkeyframe.
    keyframe
    Pilih Icon Keyframe
  3. Tentukan dB dengan menarik keyframe keatas dan kebawah dengan aturan semakin keatas suara yang dihasilkan semakin keras.
  4. Penambahan keyframe dapat dilakukan dengan men-klik icon keyframe dan menepatkannya pada tempat yang ditentukan.
    keyframe dB
    Penempatan Keyframe
    NoteSebaiknya Anda juga melihat Audio Master yang ada pada tampilan Adobe premiere sebagai panduan keras tidaknya suara yang akan keluar. Sebagai saran, sebaiknya Audio jangan sampai melebihi angka 0 pada Audio Master.
    Audio Master
    Tampilan Audio Master

Menambahkan efek pada suara

Untuk menambahkan efek pada suara, Anda bisa menggunakan fasilitas Audio Effect pada tab Effect. Cukup mudah menambahkan efek pada suara, hanya tinggal drag efek suara yang diinginkan kemudian tempatkan pada audio. Ada banyak pilihan efek suara yang bisa Anda coba.
Audio-Effects
Tampilan Audio Effects 

Penutup

Mungkin masih banyak cara lain untuk mengatur suara pada video menggunakan Adobe Premiere yang belum penulis ketahui. Oleh sebab itu penulis mengharapkan informasi Anda dengan menginformasikannya pada kolom komentar. Untuk Anda yang kurang jelas dengan tulisan diatas bisa juga menanyakan langsung pada kolom komentar. Selamat mencoba :)

Sumber : http://bisakomputer.com/mengatur-suara-pada-video-menggunakan-adobe-premiere/

No comments:
Write comments