Beauty

Searching...
29 September 2013

Bagaimana Cara Kerja Mesin Cutting Sticker

September 29, 2013
Bagaimana Cara Kerja Mesin Cutting Sticker - Bagi kamu yang BARU dalam dunia DESAIN GRAFIS pastinya pengen tahu, apakah kegunaan dari Mesin Cutting Sticker itu? Atau bagaimanakah Cara Kerja mesin Cutting Sticker tersebut? Sebenarnya sederhana saja, Jika kamu tahu kegunaan PRINTER, maka kurang lebih seperti itulah prinsip cara kerja dari mesin cutting sticker. Namun sedikit berbeda tentu saja!


Bagaimana Cara Kerja Mesin Cutting Sticker
Pada dasarnya sama seperti Cara Kerja Mesin Plotter yang menggunakan pena tinta, cuman disini pena tinta diganti dengan pisau yang kecil dan tajam. Hmm..taukah apakah MESIN PLOTTER itu? Cara kerja Mesin Plotter? serta perbedaan Printer dan Plotter?

Oke, berikut penjelasan ringkasnya, Plotter adalah Printer Grafis yang menggambar dengan menggunakan pena-pena tinta, Mesin plotter juga merupakan perangkat output pertama yang mampu mencetak gambar berukuran besar seperti gambar arsitektur dan gambar engineering.

mesin plotter Canon w840
Nah..Perbedaan dari Mesin Plotter dan Printer adalah bila mesin Plotter umumnya digunakan para pengusaha desain untuk membuat gambar-gambar besar seperti arsitektur, peta ataupun gambar desain grafis yang berukuran besar, beda dengan PRINTER yang hanya mampu mencetak seukuran kertas A3 atau A4 pada umumnya.

Oke, kita lanjut kembali tentang Bagaimana Cara Kerja Mesin Cutting Sticker. Seperti Printer, Mesin cutting sticker juga dilengkapi semacam Cartridge, pada printer atau mesin plotter, bagian cartridge ini berfungsi sebagai penyimpan tinta dan mendistribusikannya sesuai dengan desain yang telah kita buat di Laptop/Komputer.

Sedangkan pada mesin cutting sticker, bagian catridge ini berfungsi semacam penggenggam mata pisau pemotong desain yang telah kita buat, Penggenggam mata pisau ini juga disebut dengan knife holder. Pisau ini didesain sedemikian rupa menggunakan material yang sangat keras sehingga tetep awet tajamnya dan Pisau ini bentuknya di desain seperti pena tinta pada printer atau mesin plotter pada umumnya, serta pisau ini juga diberi dudukan sedemikian rupa menggunakan bearing sehingga dapat berputar. Pisau ini tidak bergerak maju mundur tetapi bergerak ke kanan dan ke kiri mengikuti alur desain sticker yang telah kita setting di komputer/Laptop.

Mesin Cutting Sticker biasa juga disebut orang dengan Mesin Cutting Plotter atau juga Mesin Vinyl Cutter. Mulanya mesin cutting sticker di Indonesia didominasi oleh mesin cutting merek Jepang seperti Roland, Mimaki, Graphtec, dan Silhouette Cameo buatan USA.

Dikarenakan usaha Cutting sticker sudah mulai berkembang dan mulai booming di Indonesia maka Mesin Cutting Sticker merek Cina mulai digemari di pasar Indonesia, dikarenakan harga mesin cutting sticker merk Cina jauh lebih murah dari pabrikan asal Jepang dan USA. Jinka dan Redsail merupakan Mesin cutting sticker merek Cina yang saat ini penjualannya melejit di pasaran Indonesia.

Oke, sudah mengertikan cara kerja dari mesin cutting sticker? Nah..lalu bagaimana cara memulia usaha cutting sticker tersebut? untuk penjelasan detailnya silahkan lihat tulisan saya sebelumnya dipage berikut Tips cara memulai usaha cutting sticker modal kecil.

Sumber : http://hargaprinterepson.blogspot.com/2013/09/cara-kerja-mesin-cutting-sticker.html

2 comments:

Distributor Lantai Vinyl said...

mesin plotter biasa dipakai untuk cetak2 vinyl , untuk baliho backdrop maupun spanduk , mesin seperti ini sangat membantu para pengusaha di bidang percetakan di karenakan ini bisa menghemat biaya dan waktu Eddy Mandiri

Distributor Lantai Vinyl said...

terima kasih info gans