18 October 2011

Upacara Adat Unik Untuk Minta Hujan di Banjarnegara

Musim kemarau yang panjang membuat sebagian besar warga di Desa Gumelem Wetan, Banjarnegara, Jawa Tengah melakukan tradisi Unjungan yang merupakan acara ritual tradsional untuk meminta hujan.
Acara ritual tradisional untuk meminta hujan ini dilakukan dengan cara adu pukul pada bagian kaki yang dilakukan oleh sepasang laki-laki dewasa dengan menggunakan peralatan berupa sebilah rotan sebagai alat untuk memukul.



Tradisi unjungan telah lama ada di Desa Gumelem Wetan dan telah turun temurun serta biasa diselenggarakan pada saat musim kemarau panjang, pada musim ini para petani di desa tersebut sangat membutuhkan air utuk mengairi sawahnya.



Menurut kepercayaan sebagian warga di desa tersebut, untuk mempercepat datangnya hujan, para pemain unjungan harus memperbanyak pukulan kepada lawannya hingga terluka dan mengeluarkan darah.



Biasanya ritual ini diadakan pada hari jum'at dan biasanya setelah 3 kali hari jumat dan ada peserta yang terluka serta keluar darahnya biasanya akan turun hujan.



Setiap pemain yang berani maju dan bertarung harus tetap mengikuti peraturan yang telah diberikan oleh seorang wasit.



Tradisi unjungan yang merupakan acara ritual yang menggabungkan antara seni musik, tari dan bela diri ini tetap menjunjung tinggi sportivitas dan persaudaraan.


[ SUMBER ]

No comments:
Write comments