Beauty

Searching...
17 October 2011

Pembalap IndyCar Tewas di sirkuit Las Vegas

October 17, 2011
Dan Wheldon, juara balap IndyCar, tewas dalam kecelakaan beruntun di sirkuit Las Vegas yang melibatkan 15 kendaraan, Minggu (16/10/2011). Kecelakaan itu terjadi ketika jet-jet darat itu melaju dalam kecepatan 362 km/jam.

TERBANG - Mobil yang dikendarai Dan Wheldon saat bertabrakan di sirkuit Las Vegas (lingkaran merah). Dan Wheldon saat menenangi balapan pada Mei 2011 lalu. FOTO:AP

TERBANG - Mobil yang dikendarai Dan Wheldon saat bertabrakan di sirkuit Las Vegas (lingkaran merah). Dan Wheldon saat menenangi balapan pada Mei 2011 lalu. FOTO:AP


Wheldon (33) tewas dalam balapan Las Vegas Indy 300 yang berhadiah 5 juta dolar AS atau Rp 44 miliar. Beredar spekulasi bahwa Wheldon memaksakan diri menang untuk mengejar hadiah sebesar itu.

Kecelakaan maut itu yang melibatkan hampir separo dari 34 pembalap itu terjadi pada lap ke 13. Mobil Dallara-Honda yang dikendarai ayah dua anak itu bertabrakan, melayang lalu terempas ke pagar dan terbakar. Wheldon tewas dalam perjalanan ke rumah sakit akibat luka parah yang dideritanya.

Bos IndyCarm, Randy Bernard, mengonfirmasi kematian Wheldon dalam sebuah jumpa pers. “IndyCar sangat bersedih harus mengumumkan bahwa Dan Wheldon meninggal dunia akibat luka-lukanya. Kami berbelasungkawa kepada keluarganya,” kata Bernard.

Panitia langsung memutuskan menghentikan balapan, setelah mengetahui kematian Wheldon. Kemudian para pembalap yang tersisa berkendara sepanjang lima putaran untuk menghormati tragedi itu.

Kecelakaan itu terjadi hanya beberapa bulan setelah Wheldon menjuarai balapan Indianapolis 500 yang sangat kondang itu pada Mei 2011 untuk kali kedua.

Rekaman video menunjukkan mobil Wheldon melayang di udara lalu menghantam pagar di atas pagar pengaman yang dibuat untuk meredam benturan ketika ada pembalap yang berbenturan.

Wheldon yang tinggal di St Petersburg Florida memenangi beberapa seri IndyCar sejak 2005. Ia juga menjadi juara pertama dalam balapan Indy500.

Panitia memang menawarkan hadiah 5 juta dolar bagi pembalap non reguler, tetapi dengan star di barisan belakang. Wheldon yang juga bukan pembalap reguler menerima tantangan itu. Banyak yang menyimpulkan kemudian bahwa Wheldon memaksakan diri mengejar hadiah itu dan melaju di atas kecepatan normal.

0 comments: