16 October 2011

Mobil Yang Tak Pernah Rusak Sejak Dibuat 107 Tahun Silam

Inilah Mobil tertua Inggris, Wolseley 6 dengan dua tempat duduk yang dibangun pada tahun 1904 dan tidak pernah sekalipun rusak.

mobil tertua inggris

Sang pemilik Brian Caseley (65), secara teratur membawa mobil yang baru saja lulus tes kelayakan (MOT), untuk berkeliling di sekitar kota kelahirannya di Sherborne, Dorset.

Tidak diketahui berapa kilometer yang telah ditempuh mobil tersebut, karena pada saat pembuatannya, mobil Inggris belum dipasangi pengukur jarak.

Caseley membeli mobil pada tahun 2004 dari seorang teman yang mengumpulkan mobil kuno.

mobil tertua inggris

“Seperti mimpi saja melihat mobil ini masih berjalan. Saya sangat bangga dan sering memamerkan mobil ini di jalanan.” tutur Caseley.

“Mobil ini tidak pernah rusak dan masih sebagus seperti hari pertamanya dibuat.” tambah istrinya, Pat (63),.

“Mobil ini berbahan bakar bensin, dan dapat menempuh 30 sampai 40 mil per galon bahan bakar, sehingga lebih efisien daripada kebanyakan mobil modern.”

Dengan Motor satu silinder serta kecepatan tertinggi 29 mil per jam (46km), Mobil ini mempunyai plat asli, CJ 164 dan masih dalam kondisi mulus.

Mobil ini awalnya dimiliki oleh EH Greenly, dari Titley Court, Herefordshire, pada tahun 1905.

Caseley kemudian melacak leluhur David Forbes, yang adalah ayah tiri kakek yang memiliki mobil tersebut, setelah melihat gambar seorang pria bernama Jack Greenly duduk di dalam mobil itu pada tahun 1906.

Forbes kemudian bertemu kembali dengan mobil tersebut dua minggu lalu ketika Brian mengendarainya untuk sebuah rally mobil kuno di Herefordshire.

Wolseley 6

“Sungguh menyenangkan untuk melihat mobil itu.” kata keluarga yang masih tinggal di Titley Court tersebut.

“Brian mengajakku berkeliling dengan mobil itu. Dia telah merawat mobil tersebut dengan sangat baik.”

Wolseley 6 adalah salah satu dari mobil pertama yang diproduksi oleh perusahaan Wolseley Frederick di Birmingham. Dan dirancang oleh Herbert Austin yang kemudian mendirikan Perusahaan Austin Motor.[ SUMBER ]

No comments:
Write comments